Berkunjung ke Desa Banyumulek, Lombok

Salah satu tempat yang kita kunjungi waktu ke Lombok bulan Juli yg lalu yaitu Desa Banyumulek. Kita ke sini karena searah ke Pantai Kuta, Lombok. Abis dari sini, kita dibawa ke Desa Sukarere dmn kita bisa belajar bikin kain tenun dan nyobain pakaian tradisional Suku Sasak.

Kendi Maling (namanya dapat ngecek di sini abis udah lupa). Berdasarkan cerita pak supir yang kita pakai waktu itu, jadi kendi ini ngisinya bukan dari atas kayak kendi biasanya, tapi dari  bawah. Ini berfungsi banget kalau ada orang jahat yang mau ngeracunin raja soalnya nggak tau cara masukinnya racunnya gimana.

Jadi di dalam kendi ini ada bentuk kerucut biar pas dibalik nggak tumpah dan keluar lagi airnya. Hebat juga yang udah kepikiran kayak gini dari dulu.

Kendi Maling

Kalau kamu tertarik coba bikin kerajinan dari tanah liat juga bisa cobain di sini. Nanti dibantu sama ibu-ibunya.

kerajinan desa bayumulek lombok

Beberapa aktivitas di tempat kerajinan:

desa banyumulek, lombok

desa banyumulek, lombok

Kerajinan yang sudah ditempelin kain batik. Batiknya baru lho, bukan pakai kain sisa. :)

desa banyumulek, lombok

Kulit terlur yang sudah dikeringkan dan dirapiin. Nantinya bakal dipakai untuk hiasan kerajinan.

desa banyumulek, lombok

Salah satu penggunaan kulit telur tadi:

kerajinan desa bayumulek lombok

Berbagai kerajinan yang ada di tempat jualannya. Kita sih nggak beli soalnya berat bawanya dan nggak tau mau buat apa, bisa-bisa akhirnya nggak kepakai kayak tempat buah yang gw beli pas ke Bali dulu. Mau buat pajangan juga nggak tau mau ditaruh dmn.

kerajinan desa bayumulek lombok

Yang ditempel pakai kain batik:

kerajinan desa bayumulek lombok

Dihias pakai cat air. Terampil-terampil deh mereka. 😉

kerajinan desa bayumulek lombok

DSCF6520

 

Yang kulit telur tadi juga dipakai di guci-guci ini:

DSCF6529

DSCF6531

DSCF6532

Btw, kayaknya di Desa Banyumulek ini ada beberapa pusat kerajinan, tergantung supir atau turnya bawa kita yang kemana soalnya tempat yang gw datengin beda sama yg ada di Kompas.

 

Tips: buat yang mau liburan ke Lombok, bagusnya baca wikitravel dulu soalnya informasinya lengkap banget :)

1 thought on “Berkunjung ke Desa Banyumulek, Lombok

Leave a Comment