Berurusan dengan Customer Service Bolt

Ini kejadiannya udah lama banget. Judulnya udah ngendap di draft dari Juni kemarin, sengaja ditulis biar nggak lupa.

Dibanding ngeluh nulis tentang pelayanan yang kurang baik yang dialami ketika berurusan sama customer service (sering!), kali ini gw sengaja mau nulis pengalaman gw sama CS Bolt. Karena, gw puas banget sama service-nya. Moga-moga setelah tambah rame,  nggak berubah.

Cerita diawali ketika modem Bolt yang biasa gw pakai jatuh di tengah jalan. Langsung panik deh. Rasanya nggak jatuhin di mana-mana, kok sampai rumah udah nggak ada, mana udah malem pula. Dan, kita kan butuh banget modem – kalau nggak ada modem nggak bisa kerja soalnya. Apalagi, modem-nya kita pakai buat share internet nggak cuma ke laptop tapi juga ke HP.

Langsung kita balik ke jalan dekat rumah, dan diputuskan bahwa memang Bolt ini jatuh entah di mana. Langsung deh kita ke Carrefour Puri, kita sengaja gak ke Gramedia Puri Mall karena dd gw sehari sebelumnya baru mau beli modem ke sana tapi lagi nggak ada stock. Pas dia ke Carrefour sebelumnya juga modem yg bisa untuk share lagi abis, tinggal yg colok pakai port USB.

Sampai Carrefour, kita langsung ke booth-nya Carrefour. Berhubung sebelumnya pas di Gramedia kita langsung diaktivasi sama mbak-nya, kita juga minta tolong untuk diaktivasiin di sini. Pas lagi proses, dipinjamin device-nya yang lemot bangetttt, gw ngetik email salah, gw minta solusi malah mas-masnya nyalahin gw lho. Padahal, gw lagi cerita sama Hai-hai dan gw akuin itu salah gw, eh masnya sok-sok bener nyalahin gw! Asem bangetttttt.

Okelah kalau gw salah masukin email, gw nggak salah kok masukin nomor HP tapi nggak dateng-dateng tuh verifikasinya. Dan mas-mas yang jaga booth ini nggak bisa kasih solusi selain marah-marahin dan nuduh gw yang salah. Dia bilang ke Plaza Semanggi aja, itu counter terdekatnya. Nggak kurang jauh apa? Sengaja beli modem baru biar nggak usah urus-urus nomor lama (masih ada pulsa lho – cerita lebih detail di bawah). Mau beli nomornya aja juga nggak bisa.

Ya udah, yang penting malem itu bisa online dan beberapa hari berikutnya sampai abis kuota.

Sampai rumah, gw cerita ke dede gw dan dengan entengnya dia bilang, ngapain juga jauh-jauh ke Plaza Semanggi, ke Px aja! Dekat gitu. Langsung gw cek di website Bolt. Dan, benar aja donk di Px juga ada service centernya. Kenapa ya mas-mas yang jaga booth ini pengetahuan terhadap produk yg dijualnya kurang banget dan sotoi nyalah-nyalahin pembeli – diam aja kenapa, orang gw juga ngaku kalau gw salah. Sadar diri donk, masa service center terdekat aja nggak tau di mana ><

***

Singkat cerita, beberapa hari kemudian kita ke Px, cari service centernya. Awalnya nggak ketemu karena tempatnya nyempil banget (ada di seberang Gold Gym), di sebelah eskalator.

Sampai sana, nggak perlu antri. Cuma bilang kartu hilang, langsung diurus, isi data, dll. Pulsa langsung bisa dicek (dan ternyataaaa pulsanya itu masih lumayan banyak). Kelihatannya, karena waktu habis pulsa terakhir kan isi pakai CC, yang 1x gagal, jadi gw isi 1x lagi. Eh nggak taunya tiba-tiba yang 1x itu jadi berhasil. Aneh sih, mungkin memang lagi gangguan malam itu karena lama banget buat urus pembayaran aja, setengah jam lebih kali.

Gak pakai lama, kita langsung coba sim card barunya (langsung bisa dipakai, nggak perlu tunggu 1×24 jam – kayak XL), dan lancar-lancar aja. Senangnya hatiku walaupun modem hilang dan kuota yang sisa sudah habis dipakai oleh penemunya (hilang beberapa Gb).

***

Btw, setelah kejadian ini gw baru merasakan hikmah kenapa untuk beli paket Bolt harus login ke websitenya dan password-nya ini cuma didapat pas registrasi. Sistem ini benar-benar nyelametin orang-orang yang kehilangan modemnya kayak saya. Keadaan paling buruk ya sisa kuota habis karena password-nya ada di modem (kalau belum diganti).

Di sisi lain, sistem ini berhasil nyelametin sisa-sisa saldo yang jumlahnya pasti ratusan ribu. Bayangin aja, kalau nggak ada inovasi, tetap pakai cara lama, bisa cek pulsa langsung begitu punya SIM Card, bisa beli paket internet dengan dial nomor tertentu, hilang deh saldo 300.000 ku, hahaha :)

 

22 thoughts on “Berurusan dengan Customer Service Bolt”

  1. Boleh minta id line? Mau nanya2 soalnya bolt ku juga hilang tapi pake langganan perbulan jadi bingung

    1. @Amelia: waktu itu udah langsung dibalas via email ya. Langsung datang aja ke mall-mall yg ada CS Boltnya, biasanya langsung beres kok. Kemarin juga gw baru dari sana krn ada masalah lagi.

  2. Mbak, semisal tau bisa minta tolong info di mana service center nya modem Bolt? Punyaku LCD nya mati padahal baru dua bulan dipake. Thanks.

    1. @Dwiie: sorry baru balas. Untuk urusan Bolt, mending kamu datang ke CS Bolt langsung biar masalahnya bisa cepat diselesaikan. Biasanya ada di mal-mal kok.

  3. Ka Birgita, no hp Bolt-ku hilang dan setiap bulan datanya selalu ngisi otomatis dari kantor. Apa itu bisa diganti dengan nomor baru kaya ka Birgita?
    Please Comment…

    1. @Gibeon: kaau gitu, mending kamu langsung ke customer service Bolt untuk diurus (nomornya diaktifkan lagi & SIM card yg lama dimatiin).
      Untuk yg automatic payment, kayaknya kamu bisa matiin dengan login di bolt-nya langsung.
      Lumayan juga kalau mesti bayar terus padahal kamu nggak pernah pakai

    1. @Gibeon: login bolt pakai no hp bolt kamu. Nomornya bisa diaktifin dan paketnya (kalau masih sisa) bisa dipakai. Sorry baru balas.

  4. Kenapa ya bolt saya ga bisa konek ke hp? Slalu failed obtain ip adress skali ny bs lemot bgt, ke smua perangkat ga bs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *